Monday, January 30, 2012

Bayi Yang Menyayangi Anda














Sebagai seorang ibu baru, akan sangat gampang merasa kurang dihargai.  Padahal anda telah berusaha keras merawat bayi yang tidak dapat makan sendiri dan belum dapat melakukan hal apapun secara mandiri ... cukup dengan kata-kata "aku sayang ibu" pastinya sudah dapat membuat anda melupakan betapa anda kekurangan tidur.  Tentu saja si kecil menyayangi anda, anda hanya perlu mengetahui bagaimana cara dia memperlihatkannya. Berikut tanda-tanda si kecil menyayangi anda ...

Dia TersenyumKetika bayi anda memperlihatkan senyumannya yang sangat lucu dan meluluhkan hati itu, ya... Itu berarti dia menyayangimu, ibu — dan berarti kebutuhan emosionalnya juga telah terpenuhi (setelah dia berusia delapan minggu). "Senyuman dapat menunjukkan kondisi emosional bayi yang nyata setelah berusia dua bulan," kata Dr. Bill Fournarakis, pediatrician di Swedish Medical Center di Seattle.

Dia Tertawa
Tawa adalah salah satu petunjuk bahwa bayi merasa baik, nyaman dan disayangi, menurut Philip Mamalakis, PhD, terapis pernikahan dan keluarga yang memiliki spesialisasi di perkembangan anak.  Rasa humor berkembang cukup cepat pada bayi, tetapi tawa tidak hanya reaksi terhadap stimulasi.  Bermain bersama anak anda — meniup perutnya hingga bunyi, menggelitik kakinya, membuat mimik muka yang lucu — dapat memperkuat ikatan antara anda dan si kecil.

Dia mengoceh "ba-ba-ba"
Adalah salah satu cara bayi mengkomunikasikan rasa sayangnya kepada anda. "Kemungkinan bayi mengoceh akan lebih besar saat berada di situasi dimana dia merasa nyaman, tentunya saat bersama orang tua," kata Dr. Fournarakis.  Ketika bayi mencoba untuk berbicara dan kita mengulangi ocehannya, bayi akan merasa sangat senang, dan dia kemungkinan akan mengatakannya lagi dan lagi.

Dia bereaksi Pada Nyanyian Anda
Bayi menyukai suara nyanyian anda (meskipun suara anda tidak se-level para penyanyi Indonesian Idol), dan akan memperlihatkan rasa senangnya dengan ikut bergerak.  Pada suatu penelitian, saat memperhatikan video seorang ibu yang sedang memandikan bayinya, bayi tersebut bergerak seiring dengan kecepatan tempo dan tinggi rendahnya suara ibu.  Disamping itu, otak bayi mengaitkan antara suara musik dengan pengalaman emosional.

Dia berbalik Ke Arah Anda
Bayi sangat senang saat anda berada di ruangan, dia datang ke anda saat anda masuk ke ruangan. "Bayi berbalik dan mengarah ke orang-orang yang sangat penting bagi mereka," kata Dr. Glade Curtis dan Judith Schuler di "Your Baby's First Year, Week by Week".  Dan dia mengetahui kalau yang masuk adalah anda, ibunya, dalam hitungan minggu dari hidupnya — dari suara dan wangi tubuh anda, kata Dr. Charles Shubin, seorang dokter anak dan medical director di Mercy FamilyCare di Baltimore.

Dia Menatap Anda
Apakah bayi anda melihat mata dan menatap anda? Itu adalah caranya menunjukkan bahwa dia mengetahui anda adalah ibunya. Telah dapat dibuktikan bahwa bayi dapat membedakan foto ibunya dari foto orang-orang lain yang tidak dikenalnya, kata Dr. Hertz. Dan ketika dia melihat wajah anda dibandingkan orang lain yang tidak dikenalnya, "dia menunjukkan bahwa dia mengenal anda dan menyayangi anda," katanya.  "Ada banyak perubahan secara psikologis pada bayi dimana mereka sudah dapat menatap dan memperhatikan ayah dan ibunya setelah beberapa minggu sejak kelahiran."

Dia Menggapai atau Merangkak Ke Arah Anda
Ini adalah tanda-tanda rasa sayangnya, kata Dr. Hertz. Ketika di dalam satu ruangan ada banyak anggota keluarga dan saudara tetapi tangannya mencoba menggapai anda, dia memperlihatkan perasaannya yang sesungguhnya.

Dia Menjadi Heboh Ketika Anda Meninggalkan Ruangan
Bagi anda yang menitipkan bayi anda di daycare, di rumah neneknya atau di rumah bersama pembantu / babysitter tentu tidak asing lagi dengan ini.  Malah ketika anda hanya meninggalkan dia sebentar untuk ke kamar mandi, dia menyadari bahwa anda telah pergi — dan akan memberitahu anda betapa dia kangen anda dengan menangis.

Dia Mencoba Untuk Mendapatkan Perhatian Anda
Bagaimana lagi cara terbaik untuk memperlihatkan rasa sayang selain melakukan sesuatu yang mengesankan bagi ibu? Hal ini dilakukan karena si bayi ingin mendapatkan perhatian dan kesan dari orang yang disayanginya. "Jika mereka melakukan sesuatu yang spesial, mereka hanya mencoba untuk mendapatkan respon dari anda.  Oleh karena itu orang tua dianjurkan untuk memberikan tanggapan yang positif dan membangun," kata Dr. Hertz. "Walaupun anda tetap duduk dan senyum dan tepuk tangan, mereka sangat senang,";  Malah, pada bayi yang lebih tua — berusia sekitar empat s.d lima bulan — melihat ibu dan ayah untuk memastikan mereka sedang memperhatikannya.

Dia Mendatangi Anda Saat Takut atau Merasa Sakit
Saat bayi jatuh atau merasa sakit, dia akan segera mencari sesuatu di sekitarnya yang dapat memberikan dirinya rasa tenang, nyaman dan terlindungi, yaitu anda.  Dan kemudian dia akan merangkak ke arah anda atau mengangkat tangannya untuk menggapai anda.  "Itu adalah pertanda sayang," kata Dr. Hertz.  "Kasih sayang anda telah membuat dia merasa aman sehingga diapun juga menyayangi anda."

Dia Meniru Anda
Saat anda membuka mulut anda dengan lebar, dia ikut membuka mulutnya dengan lebar. Anda melambaikan tangan, iapun melambaikan tangan. Saat bayi meniru anda, dia memperlihatkan rasa sayang dan kagumnya pada anda, kata Dr. Hertz.

Dia menjadi Kalem Saat Ada Anda
Saat dia mendengar anda masuk ke kamar atau merasakan tangan anda mendekapnya dan kemudian dia menjadi anteng, itu tandanya anda membuat dia merasa aman dan terlindungi. "Bayi merasa tenang saat mendengar suara, merasakan sentuhan dan melihat ayah ibunya," kata Dr. Shu.  "Dia juga akan tenang saat anda mengangkat menggendongnya atau mengganti popoknya."  Itu adalah cara dia memperlihatkan bahwa dia merasa tentram dengan keberadaan anda. Jadi, sayangilah bayi anda -- dan kami jamin dia akan menyayangi anda kembali.

No comments:

Post a Comment