Friday, May 15, 2009

TRIP TO CUKUL ESTATES, TEA PLANTATION OF PT GUNUNG SLAMET

Amy n Elin, Milis BSM


Amy n Management Team


Amy dialog dengan pemetik teh... 


Di Karpet pohon teh, 

Hey dear all... 

Part one...

Perjalanan aku, milis BSM dan teman teman pers sangat berkesan.. Piknik, lebih tepatnya tea walk ini, bisa terjadi atas kebaikan hati management teh celup sosro karena saya adalah web site consultant, teh celup sosro, www.qualitealife.com yang akan mulai beroperasi, 1 Juni 2009.

Memang sih, perjalanan kali ini terasa jauh dan berat, yang jelas sih, kita harus bangun pagi pagi sekali.. perjalanan jauh dan melelahkan, tapi senang begitu melihat kebun teh yang luas terhampar bak karpet hijau. Udara yang sangat segar dan pastinya bebas polusi. 

Sesampainya kita diperkebunan, disambut oleh para pengelola kebun yang sudah berbaik hati menyiapkan segala keperluan kita selama di sana. Setelah istirahat sejenak, kita jalan melewati rute tea walk yang sudah dipersiapkan panitia. Saya senang sekali,walau pastinya karena saya gendut saya selalu ngos ngosan nafasnya.   

Selama dalam perjalanan, saya melihat alam yang sepertinya dilukis oleh tangan Tuhan. Tuhan adalah seniman terbesar yang pernah ada dalam kehidupan dunia ini. Saya senang sekali waktu bertemu dengan para pemetik teh, dan saya baru menyadari bahwa mereka adalah manusia yang diberkahi tangan yang luar biasa oleh Tuhan. Ternyata menjadi pemetik teh bukan pekerjaan yang mudah.. Memetik pucuk teh yang terbaik, sekali dua tangan, adalah pekerjaan yang tidak mudah. Mereka dalam sehari harus memetik sambil memanggul 1 keranjang teh, yang beratnya kalau penuh 24 kilo selama berjam jam.. 

Saya sempat berdialog dengan para pemetik teh yang sudah bekerja berpuluh puluh tahun, atau bahkan dua atau tiga generasi dengan hati dan dedikasi tinggi untuk memberi yang terbaik bagi teh celup sosro. Mereka sangat polos dan spontan... Luar biasa... Medan memetik teh tidaklah mudah, sebagian licin dan sangat terjal.. pastinya sangat sulit dan perlu ketrampilan khusus dan cengkraman kaki bak spiderman sejati.. 

Di sekeliling perkebunan, ada beberapa danau dan kolam kecil yang ikannya cukup banyak dan bebas diambil oleh para pekerja pabrik. Banyak terlihat orang orang yang memancing.. senang melihatnya... 

to be continued....

No comments:

Post a Comment